Kenali penyebab menopouse di usia dini

Menopause lazim terjadi pada wanita saat menginjak usia 50 tahun, namun beberapa pada beberapa kasus menopause bisa terjadi pada usia lebih dini yakni kisaran 40 tahun. Hal ini juga kerap menjadi pertanyaan para ibu, lalu apakah penyebabnya? 
Menopause adalah berkurangnya produksi ekstrogen dan progesteron yang menyebabkan siklus haid terhenti sehingga menyebabkan berbagai gejala seperti perubahan suasana hati dengan cepat atau lazim dikenal dengan hot flashes. Lalu apakah penyebab menopause pada usia dini ? 

Pada mereka yang telah mengalami menopause pada usia 40 tahun atau disebut dengan menopause dini/prematur bisa disebabkan oleh dua hal yakni adanya pemicu dan terjadi secara alami. Umumnya gejala gejala menopause dini sama saja dengan menopause pada umumnya yakni mis v kering serta
berkurangya nafsu seks. Namun kemungkinan pada menopause dini gejalanya agak berat seperti cenderung terjangkit gejala osteoporosis dan patah tulang dibanding mereka yang menopause diusia 50 an. Dalam beberapa kasus menopause dini juga bisa menyebabkan depresi karena pada usia ini beberapa wanita masih ingin memiliki anak.

Penyebab pertama menopause dini adalah kelainan kromosom. Mereka yang lahir dengan kromosom tidak lengkap yang memiliki ovarium tidak normal biasa mengalami hal ini. Kedua adalah faktor genetik, yakni faktor keturunan dimana bila ada orangtua yang mengalaminya si anak kemungkinan mengalamihal yang sama. Ketiga adalah autoimun dimana sistem pertahanan tubuh yang tugasnya memerangi penyakit namun justru berbalik menyerang sistem reproduksi sehingga produksi hormon menjadi terganggu. Penyebab lainnya adalah kemoterapi, kemoterapi untuk terapi kanker dapat merusak ovarium, namun tentu tidak semua kemo merusak, hanya ada beberapa jenis saja dan faktor lamanya kemoterapi juga turut mempengaruhi. Penyebab terakhir adalah pengambilan ovarium dimana wanita yang diambil kedua indung telurnya akan secara otomatis mengalami menopause dan bisa lengsung terjadi. Produksi hormon akan terhenti begitu pula dengan siklus haid. Hal ini berbeda pada mereka yang mengalami pengangkatan rahim karena indung telur masih ada, hormon masih diproduksi namun dengan pengangkatan rahim, haid akan terhenti. 

Terapi untuk menopause diusia dini
Menopause di usia dini bisa didiagnosa dari siklus haid yang berhenti selama kurun waktu 12 bulan. Namun tidak akan cukup hanya dengan itu karena diperlukan juga tes untuk mengukur kadar follicle stimulating hormone(FSH), luetizing hormone, dan juga estradiol.