Pelajaran sex untuk sikecil

Ngomong-ngomong soal seks dengan anak memang bukanlah hal yang gampang, apalagi untuk mereka yang tidak mempunyai cukup ilmu, bisa-bisa keteteran dengan berbagai pertanyaan anak yang cenderung selalu ingin tahu. Ada berbagai cara yang bisa ditempuh orang tua untuk memberi pendidikan sex pada si anak, pada usia dini mandi bersama bisa dijadikan alternatif untuk mulai mengenal organ-organ intim. 

Sebagai orang tua kita harus mulai merubah gaya fikir, jika menganggap pendidikan sex merupakan hal yang tabu. Orang tua merupakan guru pertama bagi si anak, jangan sampai orang tua meremehkan pendidikan ini dan menganggap seiring berjalannya waktu si anak akan tahu sendiri. Hal ini justru berbahaya bila si anak tahu tentang pendidikan sex dari orang lain atau buku apalagi dari internet yang kemungkinan tidak terfilter. Akan jauh lebih baik bila orang tua yang menginformasikan, misal si ibu mandi bersama si anak cewek dan menjelaskan bahwa si ini(organ kewanitaan) tidak boleh dilihat orang lain kecuali ibu dan dia sendiri, tanamkan dalam ingatan mereka bahwa si ini merupakan sesuatu yang perlu dilindungi. Hal tersebut memang perlu apalagi sekarang sangat marak kekerasan seksual pada anak-anak. 

Hal yang perlu diperlukan saat mandi bersama adalah persiapan para orang tua untuk menjawab segala pertanyaan yang muncul dari sianak. Jangan sampai ketika asyik mandi bersama kita terbata-bata dan kesulitan menjawab segala pertanyaan mereka, yang menjadikan acara perkenalan pendidikan sex tidak berhasil. Selain manfaat tersebut, mandi bersama juga bisa menjadi wadah untuk orang tua mengajarkan cara mandi yang bersih dan benar. Bagaimana cara menggosok gigi, serta menggunakan sabun dan shampoo. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar