Skill komuniasi efektif

Komunikasi yang efektif akan membantu kita memahami orang lain, menghilangkan jurang perbedaan, membangun kepercayaan dan rasa perduli serta menghadirkan lingkungan yang ideal. Lain hal bila komunikasi kita buruk justru akan menghadirkan kesalahfahaman yang memicu masalah baik hubungan personal maupun professional. Dengan belajar skill komunikasi sederhana berikut kita akan mampu berkomunikasi lebih efektif yang akan mengeliminasi kesalahfahaman serta meningkatkan hubungan baik. 


Apa yang dimaksud komunikasi yang efektif 
Di era informasi yang sangat sibuk, dalam keseharian harus mengirim, menerima dan memproses informasi dalam jumlah sangat besar setiap harinya. Namun komunikasi yang efektif bukan hanya berukar informasi, namun memahami emosi dibalik sebuah informasi. Komunikasi yang efektif akan meningkatkan kehangatan baik dirumah, diruang kerja dan di lingkungan sosial dengan cara
memperdalam koneksi, meningkatkan teamwork serta pemecahan masalah. Komunikasi efektif melibatkan skill nonverbal, kemampuan mendengar dengan penuh perhatian, kemampuan mengelola stress serta kemampuan memahami dan mengelola emosi orang yang kita ajak berbicara.

Skill komunikasi efektif 1 : mendengar
Mendengar merupakan salah satu aspek penting komunikasi yang efektif. Jika kita mampu mendengar maka bukan hanya memahami informasi namun juga memahami apa yang dirasakan oleh mereka yang berbicara. Dengan kemampuan mendengar yang baik kita juga melakukan penghematan waktu karena informasi tersebut tidak perlu diulang-ulang, memberikan penghargaan kepada mereka yang berbicara, serta menghilangkan emosi negatif. 

tips menjadi pendengar yang baik 
Jika tujuan utama anda adalah mengerti dan membangun hubungan dengan orang lain maka kita perlu membiasakan kemampuan "mendengar" secara alami agar disetiap situasi kita bisa menghadirkan kemampuan tersebut. Berikut adalah tipsnya : 
1. Fokus terhadap mereka yang berbicara. Baik bahasa tubuh maupun bahasa non verbal lainnya.

bersambung......

http://www.helpguide.org/articles/relationships/effective-communication.htm













Tidak ada komentar:

Posting Komentar