Tips untuk mengatasi kemalasan

Malas adalah keinginan untuk tidak melakukan apa-apa dan tidak melibatkan suatu usaha. Orang yang malas cenderung pasif dan kurang perduli dengan lingkungan sekitar. Wajar kalau kita kadang malas beberapa saat misalkan setelah bekerja keras, fisik kita capek dan fikiran kita jenuh sehingga tidak ingin melakukan apapun, namun yang menjadi masalah bila malas itu berlebihan dan terus menerus. 

Untuk mencapai kesuksesan dalam menjalankan tugas tugas maka kita perlu bekerja dengan efisien, penuh optimisme dan tentunya menghilangkan berbagai betuk kemalasan. Berikut adalah beberapa
tips untuk memerangi kemalasan agar kita menjadi seseorang yang lebih baik:

1. Memecah tugas besar menjadi lebih kecil karena tugas berat akan sangat melelahkan dan membosankan serta sangat sulit untuk diselesaikan. Bukan hanya tugas namun banyak hal lain juga bisa mengaplikasikan cara ini, misal membersihkan rumah, belajar dll. 

2. Istirahat, tidur dan berolah raga 
Salah satu penyebab kemalasan adalah kurang energi dan kelelahan. Jika kasus ini anda alami maka perlu istirahat cukup dan cukup olah raga agar metabolisme tubuh meningkat. 

3. Memotivasi diri
Dalam banyak kasus alasan dari kemalasan adalah kurangnya motivasi diri. Banyak cara untuk memperkuat motivasi antara lain dengan visualisasi, afirmasi dan berfikir tentang betapa pentingnya tugas yang harus anda lakukan. 

4. Memiliki visi yang jelas 
Dapatkan visi yang jelas dan bayangkan ingin jadi apa anda nanti. Bayangkan seperti apa orang yang anda inginkan, goal yang akan dicapai untuk terus memotivasi kita dalam melakukan aktifitas 

5. Fikirkan manfaat yang akan didapatkan 
6. Fikirkan Konseksuensi apa yang akan didapatkan jika tidak melakukan hal tersebut. 
7. Lakukan satu pekerjaan dalam satu kesempatan jangan melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu karena mampu memicu kebosanan dan kelelahan. 
8. Aktifkan fikiran visual anda bahwa apa yang anda akan lakukan adalah hal mudah. 
9. belajar dari orang orang sukses
Belajarlah dari mereka yang sukses dan mencapai cita-citanya. Bagaimana mereka berjuang mengalahkan kemalasan dan tiru cara mereka. 

Mengalahkan kemalasan membutuhkan latihan rutin yang perlu dilaksanakan harian. Selalu berfikir untuk beraksi adalah hal yang perlu diingat saat kemalasan datang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar