Pembangkit energi saat bekerja

Disela-sela makan kita membutuhkan camilan atau makanan kecil, dan sesuai anjuran para pakar kita tidak perlu makan porsi besar 3 kali sehari, namun hanya porsi kecil disertai dengan camilan disela-sela jam makan tersebut. Penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang ngemil diantara jam makan malah menunjukkan penurunan berat badan dibanding mereka yang tidak ngemil karena cenderung mengkonsumsi kalori lebih.

Saat bekerja di kantor kita mungkin akan lebih cepat lapar. Hal ini dikarenakan saat bekerja kita akan menguras energi dan konsentrasi yang lebih banyak. Saat lapar kita tidak bisa berfikir dengan baik serta kondisi gula darah akan menurun dan ketahanan tubuh ikut menurun pula. Nah, camilan bisa menjadi solusi mengatasi hal tersebut, namun kita perlu cerdas dalam memilih camilan yang sehat.

Jika anda ingin berhasil dalam diet, hidangkan beberapa camilan berikut di meja kerja anda:
1. Aprikot kering
Aprikot kering kaya akan kandungan gizi seperti beta karoten, vitamin A dan B, magnesium, zat bsi, kalsium, fosfor dan potassium. Aprikot juga mengandung likopen yakni jenis antioksidan penting yang mampu melindungi tubuh terhadap kanker. Kandungan gula alami aprikot juga baik untuk mendongkrak turunnya gula darah saat lapar. Yang perlu diperhatikan adalah porsinya karena memang makanan ini mengandung gula yang cukup tinggi.

2. Fruit soy bar
Dapat dengan cepat menambah energi, praktis serta memiliki beberapa rasa yang berbeda. Jenis fruit soy bar juga memiliki indeks glikemiks yang rendah jadi tidak akan menaikkan gula darah anda s dalam waktu yang singkat serta membuat anda kenyang lebih lama. Camilan ini kaya akan asam folat yang dapat membantu memperlancar metabolisme tubuh.

3. Cracker
Cracker  banyak mengan du ng m ineral penting  t ubuh seperti mangan dan zat besi. Cracker sangat cocok saat bekerja karena mampu menunda lapar bahkan sekarang sudah dilengkapi dengan berbegai pilihan plus tambahan vitamin. Hal yang perlu dicermati cracker pada umumnya tinggi gula dan tinggi sodium. Untuk menambah variasi rasa bisa dicelupkan pada yogurt atau dioleskan selai kacang.

4. Edamame
Edamame merupakan kacang kedelai yang dipenuhi dengan sam folat dan zat besi. Pilihlah edamame original yang tidak mendapatkan penambahan apapun sehinggga gizinya masih terjaga dengan baik.

5. Apel
Apel mangandung banyak serat yang dapat membantu kita kenyang lebih lama serta kaya akan kandungan vitamin dan mineral tubuh.

6. Yogurt
Yogurt merupakan sumber protein yang baik vitamin B12, zinc, kalsium dan fosfor. Pilihlah yogurt yang tidak mengandung pemanis buatan, rendah lemak dan rendah gula.