Cara agar tetap fokus dengan melatih otak

Dengan memiliki fokus yang baik kita akan mendapatkan banyak sekali manfaat, bukan hanya pekerjaan namun urusan diluar pekerjaan juga banyak yang dapat terselesaikan dengan baik. Menjaga diri agar tetap fokus bukanlah sesuatu yang mudah karena banyak sekali gangguan yang kita dapatkan seperti kondisi sekitar yang tidak mendukung. Ditengah segala kebisingan dan segala gangguan mengertia akan kemampuan dan batasan otak kita adalah cara untuk meningkatkan fokus sekaligus produktifitas kita. 

Dalam dunia kerja modern saat ini otak kita harus selaras dengan gangguan karena saking banyaknya gangguan disekitar kita. Pengaruh lingkungan digital membuat kita sulit untuk fokus. Saat kita mengerjakan banyak tugas misalnya dalam beberapa hal memang baik, namun ketika gangguan
sekitar sangat banyak bisa jadi kita akan stress dan lebih emosional. Jadi tujuan kita bukanlah untuk selalu fokus dalam setiap kesempatan namun hanya 60 menit sehari disaat bebas gangguan sudah cukup membuat perbedaan yang berarti.

Berikut adalah penjelasannya : 
1. Lakukan hal terberat terlebih dahulu
Umumnya jika kita menemui suatu tugas maka akan menyelesaikan yang ringan dahulu dilanjutkan dengan yang lebih berat sampai dengan yang terberat. Hal tersebut akan menguras tenaga kita dan pastinya akan menurunkan fokus kita. Pada awalnya kita bisa saja fokus namun beberapa saat kita akan kelelahan. Beberapa jam setelah kita melakukan pekerjaan kemampuan kita akan semakin berkurang. Lakukan pekerjaan yang membutuhkan kreatifitas tinggi dan konsentrasi tinggi atau pekerjaan tersulit diawal atau dipagi hari dan lanjutkan dengan pekerjaan yang lebih ringan seperti menghapus email, menjadwalkan pertemuan dll. Cara membalik tersebut mungkin bertentangan dengan kebiasaan kita bekerja, namun percayalah hal tersebut akan sangat bermanfaat. 

2. Gunakan waktu sebaik baiknya
Menurut penelitian seseorang akan mendapatkan fokus terbaik saat pagi dan malam hari. Dan penelitian juga menyimpulkan bahwa pekerja berfikir dengan cara terbaik saat berada diluar kantor. Fikirkan kapan anda bisa konsentrasi dengan baik dan lakukan pekerjaan tersulit pada saat itu. 

3. Latih otak anda layaknya otot anda
Ketika banyak tugas adalah hal yang selalu kita jalani maka otak kita akan beradaptasi. Mungkin kita akan kehilangan fokus dan ganggauan lebih banyak kita temui yang secara tidak langsung kita telah melatih otak untuk lebih tidak fokus. Melatih konsentrasi dengan mematikan segala gangguan dan membuat komitmen untuk menyelesaikan satu tugas terlebih dahulu  akan sangat baik. Hanya satu tugas dan bukan banyak tugas sekaligus. Jika fikiran anda mulai berkeliaran cobalah untuk tetap fokus terhadap apa yang kita kerjakan. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar