Tips menghilangkan selulit

Mungkin kita sudah pernah membaca dan mengaplikasikan berbagai tips menghilangkan selulit baik melalui media online ataupun berbagai majalah, namun belum juga menemukan cara yang benar-benar berhasil untuk melenyapkan selulit. Tips-tips tersebut biasanya tidaklah jauh berbeda antara sumber yang satu dengan yang lain.

Selulit adalah garis-garis putih/kemerahan yang muncul akibat pecahnya sel-sel kolagen dan elastin dikarenakan oleh tarikan/peregangan yang ekstrem dalam jangka waktu yang lama. Peregangan tersebut biasanya terjadi pada wanita hamil ataupun orang yang menderita obesitas. Jadi jelas, penyebab utamanya adalah ketidakmampuan kulit untuk meregang sehingga
mengakibatkan pecahnya kolagen dan elastin.

Beberapa tips menghilangkan selulit yang telah ada kadang salah mempersepsikan bahwa penyebab utama selulit adalah penimbunan lemak. Namun apabila kita mencermati, penyebab utamanya buka itu, namun dikarenakan ketidak mampuan kulit untuk meregang atau kulit kita kurang elastis. Namun ada juga faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan selulit seperti faktor hormon, dan suntikan steroid juga bisa sebagai pemicu.

Memang mencegah jauh lebih baik dari pada mengobati, karena selulit ini terkenal bandelnya minta ampun, namun apabila kita sudah terlanjur terkena selulit maka pilihannya adalah menyembuhkan. Saat ini banyak metode yang dapat kita pilih untuk menyembuhkan selulit, diantaranya adalah metode alami(penggunaan cream/bahan alami) ataupun metode menggunakan treatment modern di berbagai klinik kecantikan.

Kedua metode diatas tentunya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, kalau menggunakan pengobatan modern misalnya laser treatment,operasi atau skin remodelling tentu biayanya akan mahal dan bisa menimbulkan efek samping, namun selulit dapat dihilangkan dalam waktu yang relatif singkat. Berbeda halnya dengan metode alami, kita akan membutuhkan kesabaran ekstra untuk mengplikasikanny, karena selulit akan sembuh dengan pengobatan teratur dan dalam waktu yang cukup lama, namun tentunya dengan biaya yang murah dan tidak mempunyai efek samping terhadap kesehatan kita.


Berikut ini adalah tips menghilangkan selulit secara alami:

Menggunakan krim yang mengandung kolagen, elastin dan vitamin e.
Sesuai dengan masalah yang dihadapi yakni pecahnya kolagen dan elastin, bantuan kandungan tersebut dari luar akan memperbaiki kemampuan kulit meregang, dengan pemakaian teratur krim tersebut dapat mengurangi tampilan garis-garis putih. Saat ini dipasaran Indonesia telah banyak produk yang ditawarkan, namun tidak sebanyak diluar negeri. Umumnya mereka menggunakan Cocoa butter yang mempunyai kandungan lengkap untuk kesehatan kulit. Silahkan search online, dan pastikan cream selulit anda mengandung 3 hal diatas.
Bahan-bahan alami lain yang dapat digunakan adalah:
-ekstrak kulit Mimosa tenuiflora digunakan eksternal.
-Ekstrak Mangga digunakan secara eksternal.
- Shea butter meminimalkan munculnya stretch mark.
-Emblica digunakan sebagai sumber vitamin.
-Ekstrak Aloe Vera atau gel digunakan eksternal.
- Ekstrak biji anggur diterapkan secara eksternal karena sifat anti oksidan.
-Jus Alpukat dan salad bergizi
- Daun Siegesbeckia orientalis digunakan secara eksternal
- ekstrak Alpukat  yang digunakan secara eksternal.

Melakukan olah raga
Tips menghilangkan selulit berikutnya adalah Olah raga secara teratur. Dengan melakukukan olah raga secara rutin akan memperlancar metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Dengan metabolisme tubuh yang baik akan mencegah penimbunan lemak yang dapat menimbulkan selulit. Selain mencegah, olah raga juga dapat membantu menghilangkan selulit,dengan berolah raga secara teratur lemak kita akan berkurang dan dapat mengurangi regangangan pada kulit, olah raga juga terbukti efektif meningkatkan elastisitas kulit. Jangan melakukan angkat beban yang berlebihan yang mengakibatkan tubuh kita menjadi melar, yang malahan bisa mendatangkan selulit. Lakukan olah raga kardio, atau angkat beban ringan.

Konsumsi Air Putih
Tips menghilangkan selulit secara alamai berikutnya adalah mengkonsumsi air putih. Mengapa hal ini sedemikian pentingnya? Tubuh kita mengandung kurang lebih 80 Air, termasuk otak dan kulit. Jadi pada dasarnya tubuh kita tersusun oleh air. Demikian pula dengan kulit, konsumsi air yang cukup dapat mengembalikan kesehatan kulit, termasuk melembabkan kulit, mengembalikan elastisitas kulit dan membuat kulit tampak bersih.

Tips-tips menghilangan selulit dengan metode/pengobatan modern

Banyak sekali treatment modern yang dapat dipilih untuk menghilangkan selulit, diataranya adalah:
Dermabrasi, dengan metode ini adalah yang termurah diantara metode lain yang akan dijelaskan dibawah. treatment dilakukan dengan penyemprotkan kulit dengan kristal-kristal kecil yang dapat menimbulkan gesekan-gesekan yang akan mengangkat lapisan kulit, sehingga akan memicu produksi kolagen dan elastin untuk mengembalikan kesehatan kulit. Namun ada sisi negatifnya yakni metode ini akan terasa sakit dan dapat menimbulkan efek samping termasuk kulit kemerahan dan memar. Pengobatan dengan cara inipun tidaklah instan, kita setidaknya membutuhkan 10x kunjungan, hehe.., berapa ya biayanya?

 Laser Treatment

Metode inilah yang paling banyak digunakan, yang memberikan hasil lebih baik dari metode-metode lain. Statistik menunjukkan bahwa 70% pengobatan menggunakan Laser treatment memberikan hasil yang positif. Namun laser tidak bisa memberikan hasil yang baik dalam semua kasus karena bekerja pada jenis kulit tertentu. Berbagai jenis laser digunakan berdasar atas warna kulit. Disini sinar laser yang sangat kecil diaplikasikan ke daerah yang terserang selulit dan akan menstimulasi produksi kolagen. Jenis laser yang paling sering digunakan adalah Pulse Dye Laser karena mampu memberikan hasil yang terbaik diantara metode laser yang lain. Namun pengobatan selulit menggunakan laser membutuhkan biaya yang sangat mahal dan menimbulkan rasa sakit selama berlangsungnya pengobatan. Lebih dari 5 kunjungan diperlukan untuk memberikan hasil yang baik.

Chemical Peeling: Pengobatan ini menggunakan cream dengan bahan kimia tertentu. Cream ini berfungsi mengangkat lapisan epidermis kulit. Lapisan dermis akan menghasilkan lebih banyak kolagen dan kulit normal secara bertahap akan terbentuk. Namun metode ini menimbulkan rasa sakit bahkan luka karena beberapa reaksi. Asam Glikolat dan Jessner's peels biasa digunakan. Metode ini juga menyebabkan kulit berwarna merah dan membengkak selama beberapa hari, dan secara bertahap akan pulih kembali.

Tips menyembuhkan selulit dengan metode alternatif

Selain tips menyembuhkan selulit secara alami dan modern di atas ada pula metode alternatif yang dapat kita pilih. Beberapa orang dapat merasakan manfaat dari metode ini. Berikut adalah alternatif yang bisa dicoba:
Homoeopathy.
Acupuncture
Pengibatan Cina
Naturopathy
Acupressure
Aromatherapy
Ayuveda
Unani
dan lain lain.


Demikianlah, telah kami jelaskan secara lengkap tentang tips menyembuhkan selulit semoga bermanfaat, apabila ada tambahan silahkan anda tambahan di kolom comment. Terima kasih.